Cara menghilangkan Anxiety dan menenangkan pikiran dengan Teknik 3-3-3. (Ilustrasi: Halodoc)

PIFA, Lifestyle - Kecemasan atau anxiety adalah perasaan khawatir atau cemas yang tidak terkendali dan berlebihan akan banyak hal. Munculnya rasa cemas sebenarnya wajar untuk kondisi tertentu. 

Namun, bagi pengidap anxiety disorder atau gangguan kecemasan, rasa cemas, gelisah, dan pikiran negatif sering kali sulit untuk hilang. Kondisi tersebut bahkan bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Nah, Selain dengan terapi dan obat-obatan, ada beberapa cara meredakan anxiety yang bisa kamu coba, di antaranya dengan teknik 3-3-3.

1. Memperhatikan Sekitar

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat menggunakan teknik 3-3-3 adalah melihat sekitarmu. Lalu, identifikasi 3 hal yang kamu lihat. Perhatikan detail objek, seperti warna dan bentuknya. Langkah ini akan membantu mengalihkan fokus dari kecemasan dalam dirimu, ke hal eksternal.
 

2. Mendengarkan dengan Saksama

Setelah dari segi visual, saatnya mengalihkan perhatian dari segi audio. Coba fokus pada 3 suara yang kamu dengar di sekelilingmu. Suara apa pun bisa kamu pilih, mulai dari suara klakson yang keras, suara hembusan angin, hingga suara hewan di dekatmu.

3. Menggerakan Tubuh

Tiga hal yang jadi fokus kamu selanjutnya adalah bagian tubuh. Ya, coba gerakan 3 bagian tubuhmu. Misalnya, memutar bahu, menggelengkan kepala, atau mengangkat tangan. Fokuskan pikiran pada sensasi yang kamu rasakan saat menggerakan bagian-bagian tubuh tersebut. 

Kamu bisa menggunakan teknik 3-3-3 ini di mana pun dan kapan pun saat kamu merasa cemas. Mudah, bukan? Semoga membantu ya!  (ly)

PIFA, Lifestyle - Kecemasan atau anxiety adalah perasaan khawatir atau cemas yang tidak terkendali dan berlebihan akan banyak hal. Munculnya rasa cemas sebenarnya wajar untuk kondisi tertentu. 

Namun, bagi pengidap anxiety disorder atau gangguan kecemasan, rasa cemas, gelisah, dan pikiran negatif sering kali sulit untuk hilang. Kondisi tersebut bahkan bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Nah, Selain dengan terapi dan obat-obatan, ada beberapa cara meredakan anxiety yang bisa kamu coba, di antaranya dengan teknik 3-3-3.

1. Memperhatikan Sekitar

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat menggunakan teknik 3-3-3 adalah melihat sekitarmu. Lalu, identifikasi 3 hal yang kamu lihat. Perhatikan detail objek, seperti warna dan bentuknya. Langkah ini akan membantu mengalihkan fokus dari kecemasan dalam dirimu, ke hal eksternal.
 

2. Mendengarkan dengan Saksama

Setelah dari segi visual, saatnya mengalihkan perhatian dari segi audio. Coba fokus pada 3 suara yang kamu dengar di sekelilingmu. Suara apa pun bisa kamu pilih, mulai dari suara klakson yang keras, suara hembusan angin, hingga suara hewan di dekatmu.

3. Menggerakan Tubuh

Tiga hal yang jadi fokus kamu selanjutnya adalah bagian tubuh. Ya, coba gerakan 3 bagian tubuhmu. Misalnya, memutar bahu, menggelengkan kepala, atau mengangkat tangan. Fokuskan pikiran pada sensasi yang kamu rasakan saat menggerakan bagian-bagian tubuh tersebut. 

Kamu bisa menggunakan teknik 3-3-3 ini di mana pun dan kapan pun saat kamu merasa cemas. Mudah, bukan? Semoga membantu ya!  (ly)

0

0

You can share on :

0 Komentar

Berita Lainnya