Foto: Dok. PIFAFoto: Dok. PIFA
BerandaLokalCerita Pak Boy, Sudah Lebih dari Setahun Jual Pakan Ikan di Taman Untan untuk Biayai Kedua Anaknya Sekolah

Cerita Pak Boy, Sudah Lebih dari Setahun Jual Pakan Ikan di Taman Untan untuk Biayai Kedua Anaknya Sekolah

Pontianak | Kamis, 17 Februari 2022

Berita Pontianak, PIFA – Pak Boy setiap hari menjual pakan ikan bungkusan di Kawasan Taman Universitas Tanjungpura (Untan), sudah lebih dari satu tahun ia menekuni usaha ini. Pria dengan nama asli Urai Eka (47) ini mengaku, selain kerja serabutan, rutinitas harian yang dikerjakannya bersama istrinya (42) itu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dan untuk membiayai kedua anaknya agar tetap bisa melanjutkan pendidikan.

Kawasan Taman Untan yang terletak tepat di tengah-tengah Gedung 7 in 1 ini memang ramai dikunjungi oleh masyarakat setiap harinya, mulai dari pagi hingga sore hari. Mereka berkunjung untuk bersantai ria bersama keluarga, foto-foto, dan memberi makan ikan yang ada di kolam.

Taman Untan yang memiliki kolam dan berbagai jenis ikan didalamnya itu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kota Pontianak untuk datang dan melepas penat dengan memberi makan ikan. Hal inilah yang menginspirasi Pak Boy dan istrinya.

“Iya, sudah lebih dari satu tahun jual pakan ikan bungkusan di sini. Awalnya orang rumah yang ngajak, istri saya,” cerita Pak Boy kepada Tim Redaksi PI.

“Pertama berempat, saya sama istri dan dua anak. Tapi karena anak sudah sekolah, sekarang kami berdua,” sambung dia.

Pak Boy menyebut, tak banyak yang ia dapatkan dari hasil penjualan pakan setiap harinya. Namun, dirasanya cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah dan membiayai anak sekolah.

“Saya suka dan senang jual pakannya, karena kerjanya tidak buat capek. Bisa buat orang bahagia juga pas beri makan ikan di kolam. Allhamdulillah, cukup untuk ongkos rumah dan biayai anak sekolah” ujarnya.

“Yang sulung kelas 8, bungsu kelas 6 SD,” tambahnya.

Dia mengaku sempat dilarang jualan oleh Satpam ketika kasus COVID-19 tinggi di Kota Pontianak.

“Sempat dilarang waktu Covid, Desember (2021) baru mulai dan lancar lagi jualnya,” tutur Pria yang tinggal di Jalan Danau Sentarum itu.

Pak Boy pun berharap, masyarakat yang berkunjung ke Taman Untan dan hendak memberi ikan bisa mendatangi dia dan istrinya. Perbungkusnya, pakan ikan dijual Rp.5000 oleh Pak Boy.

“Semoga makin ramai yang beli, bagi yang mau beli bisa temui saya dan istri. Saya biasanya pakai topi. Yang sering mondar-mandir bawa kantong plastik isi bungkusan pakan di parkiran Taman Untan, itulah saya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Pak Boy menyebut, ia biasanya datang ke Taman untuk menjual pakan sekira pukul 15.00 atau 16.00 WIB.

“Kalau Senin sampai Jumat biasanya jam 3 atau 4 sore baru ke Taman. Tapi kalau Sabtu dan Minggu biasa kami datang pagi, sore juga,” tutup Pak Boy.

Sementara itu, seperti dilansir dari laman resmi Untan, masyarakat memang diperbolehkan untuk berkunjung dan memberi makan ikan di kolam pada pagi hingga sore hari. Namun harus dengan protokol kesehatan, dan pada malam hari kawasan taman tidak diperbolehkan untuk dikunjungi. (yd)

Rekomendasi

Muda: Penganggaran di Kubu Raya Jangan Mubazir

Kubu Raya
| Senin, 6 Februari 2023
Foto: Muda: Penganggaran di Kubu Raya Jangan Mubazir | Pifa Net

Bupati Muda Mahendrawan Dorong Semangat Tanggung Jawab di Wisuda IKIP PGRI Pontianak

Pontianak
| Kamis, 5 Oktober 2023
Foto: Bupati Muda Mahendrawan Dorong Semangat Tanggung Jawab di Wisuda IKIP PGRI Pontianak | Pifa Net

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Doa Bersama & Berikan Bantuan Al-Quran

Bengkayang
| Rabu, 20 Oktober 2021
Foto: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Doa Bersama & Berikan Bantuan Al-Quran | Pifa Net

Suzuki Ertiga Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Ini Biaya DP-nya

Jakarta
| Senin, 30 Mei 2022
Foto: Suzuki Ertiga Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Ini Biaya DP-nya | Pifa Net

Iftar Delight 1001 Malam, HARRIS Pontianak Persembahkan 101 Menu

Pontianak
| Sabtu, 11 Maret 2023
Foto: Iftar Delight 1001 Malam, HARRIS Pontianak Persembahkan 101 Menu | Pifa Net

Kenal Crypto via Game Poker, CEO Binance Changpeng Zhao Kini Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Dunia

China
| Sabtu, 5 Februari 2022
Foto: Kenal Crypto via Game Poker, CEO Binance Changpeng Zhao Kini Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Dunia | Pifa Net

West Kalimantan Swimming Competition Bangkitkan Industri Olahraga Kalbar

Pontianak
| Sabtu, 23 Desember 2023
Foto: West Kalimantan Swimming Competition Bangkitkan Industri Olahraga Kalbar | Pifa Net

Cerita Pak Boy, Sudah Lebih dari Setahun Jual Pakan Ikan di Taman Untan untuk Biayai Kedua Anaknya Sekolah

Pontianak
| Kamis, 17 Februari 2022
Foto: Cerita Pak Boy, Sudah Lebih dari Setahun Jual Pakan Ikan di Taman Untan untuk Biayai Kedua Anaknya Sekolah | Pifa Net

Remaja di Pontianak Nekat Bobol Kos-kosan, Curi Hp dan Uang untuk Bayar Hutang

Pontianak
| Kamis, 4 Juli 2024
Foto: Remaja di Pontianak Nekat Bobol Kos-kosan, Curi Hp dan Uang untuk Bayar Hutang | Pifa Net

Atlet Panjat Tebing Indonesia, Veddriq Leonardo Sabet Emas di Kejuaraan Dunia Swiss

Admin
| Minggu, 4 Juli 2021
Foto: Atlet Panjat Tebing Indonesia, Veddriq Leonardo Sabet Emas di Kejuaraan Dunia Swiss | Pifa Net

Berita Terkait

Lokal

Foto: Muda Mahendrawan Sebut UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi | Pifa Net

Muda Mahendrawan Sebut UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi

PIFA, Lokal - Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan, menggarisbawahi peran penting Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi Kubu Raya yang menjadi yang tertinggi di Kalimantan Barat. Dalam pernyataannya pada Senin (13/3/2023), ia menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi mencapai 5,48 persen tidak lepas dari kontribusi signifikan yang diberikan oleh sektor UMKM. "Pertumbuhan ekonomi Kubu Raya yang mencapai 5,48 persen menjadi yang tertinggi di Kalbar tidak lepas dari peran UMKM. Percepatan dan peningkatan UMKM ketika COVID-19, berasal dari sektor pertanian, olahan makanan, dan sebagainya ini adalah hal yang luar biasa," kata Muda di Sungai Raya, beberapa waktu lalu. Selama masa pandemi COVID-19, pertumbuhan UMKM mengalami peningkatan yang luar biasa, terutama di sektor pertanian dan olahan makanan. Hal ini telah berdampak positif pada penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp667 miliar pada tahun 2022, menjadikan Kubu Raya sebagai kabupaten dengan penyerapan KUR terbesar di Kalimantan Barat. Selain itu, peningkatan ini juga berhasil mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Kubu Raya menjadi sekitar 15,62 ribu jiwa pada tahun yang sama. Muda menyoroti bahwa pertumbuhan UMKM yang pesat memberikan dorongan bagi daya serap ekonomi di masyarakat, yang pada gilirannya meningkatkan perputaran uang secara signifikan. Dengan serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kubu Raya mencapai angka 95,79 persen dan dikelola dengan efisien, tidak mengherankan jika pertumbuhan ekonomi Kubu Raya menjadi yang tertinggi di Kalimantan Barat. Terkait dengan infrastruktur, Muda juga mencatat bahwa sekitar 70,37 persen kondisi jalan di Kubu Raya dalam kondisi baik dan sedang, menunjukkan percepatan dalam pembangunan infrastruktur. Ia mengharapkan bahwa masuknya Instruksi Presiden (Inpres) tentang Percepatan Pembangunan Jalan Daerah akan lebih memperkuat DAK (Dana Alokasi Khusus) dari pusat. Selain itu, dengan adanya Perda ODOL (Over Dimention Over Loading), kualitas jalan juga dapat terjaga dengan baik. (ad)

Kubu Raya
| Jumat, 15 September 2023

Politik

Foto: Dilantik Sebagai PAW, Hendri Makaluasc Ungkap Siap Turun ke Dapil Realisasikan Program Pembangunan | Pifa Net

Dilantik Sebagai PAW, Hendri Makaluasc Ungkap Siap Turun ke Dapil Realisasikan Program Pembangunan

Berita Pontianak, PIFA - DPRD Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Janji Anggota DPRD Penganti Antar Waktu (PAW) di Ruang Balairung kantor DPRD Kalbar, Jl. Ayani, Kota Pontianak, pada Kamis (23/6/2022) Diketahui Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur yang beragendakan melantik Hendri Makaluasc dari Fraksi Partai Gerindra  sebagai  anggota legislatif yang menggantikan Cok Hendri Ramapon Dapil Sanggau-Sekadau, dengan sisa masa jabatan tahun 2019-2024. Hendri Makaluasc mengatakan walaupun sudah dilantik dia  belum bisa pastikan  ditempatkan pada Komisi apa karna masih menunggu keputusan dari Fraksi. "Saya belum bisa memastikan penempatan saya dimana, kalau sudah keluar keputusan maka saya akan menjalankannya," ujarnya saat diwawancarai PIFA.  Hendri juga menegaskan dia akan siap turun ke Dapil untuk merealisasikan program dan fokus pada pembangunan untuk keperluan masyarakat di Dapilnyq. "Jadi progresnya berjalan seperti biasa, nanti saya akan turun ke Dapil dulu karna banyak yang harus kita kerjakan, kita akan membangun dapil kita sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti pembangunan pelebaran Jalan, pembangunan sekolah dan kerja sama dengan dinas-dinas terkait sesuai dengan hak dan wawenang kita di dewan," tutupnya.  Sementara itu Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan berharap agar Hendri Makaluasc yang baru saja dilantik  bisa meberikan pikirannya untuk kemajuan di Kalimantan Barat.  "Kta berharap agar aspirasi yang ditampung melalui Pak  Hendri nanti bisa memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya untuk daerah yang dia wakili, serta  aspirasi tersebut bisa tersalurkan  ke pemerintahan provinsi dan bisa bekerjasama dengan anggota dewan yang lainnya ," ujarnya singkat. (ja)

Kalbar
| Kamis, 23 Juni 2022

Pifabiz

Foto: Nasdem Usung Rusman Ali dan Mohammad Fachri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya 2024 | Pifa Net

Nasdem Usung Rusman Ali dan Mohammad Fachri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya 2024

PIFA, Politik - Partai Nasdem secara resmi memberikan rekomendasi pengusungan pasangan Rusman Ali dan Mohammad Fachri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Kubu Raya 2024. Rekomendasi tersebut disampaikan oleh Ketua DPW Nasdem Kalimantan Barat, Syarif Abdullah Alkadrie, dalam sebuah acara yang dihadiri oleh para relawan pasangan Rusman Ali-Fachri. Keputusan ini menegaskan posisi Partai Nasdem yang memenangkan pemilu legislatif di DPRD Kubu Raya dengan sembilan kursi. Syarif Abdullah mengatakan bahwa pengumuman ini mengakhiri spekulasi mengenai calon pendamping Rusman Ali. “Hari ini, kami secara resmi memberikan dukungan kepada Rusman Ali dan Mohammad Fachri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Kubu Raya,” ujar Syarif Abdullah. Syarif Abdullah mengungkapkan bahwa keputusan pemilihan Mohammad Fachri sebagai calon wakil bupati dipilih langsung oleh Rusman Ali.  “Beliau menelepon saya dan berkata, 'Pak Syarif, saya berpasangan dengan Haji Fachri,’” jelas Syarif Abdullah. Sebagai anggota DPR RI dan tokoh masyarakat Kubu Raya, Syarif Abdullah optimis bahwa pasangan ini dapat memenangkan Pilkada dan membawa kemajuan bagi Kubu Raya. Ia mengajak masyarakat untuk memilih pasangan ini demi kemajuan infrastruktur dan pembangunan daerah. Dalam kesempatan tersebut, Rusman Ali menyampaikan rasa terima kasih kepada pengurus, kader, dan simpatisan Partai Nasdem atas kepercayaan yang diberikan.  “Saya sangat terharu dan bangga dengan Partai Nasdem yang mempercayakan perahunya kepada saya sebagai Bupati di Kubu Raya. Semoga saya dan Pak Fachri dapat menang dan membangun kembali Kubu Raya,” ungkap Rusman Ali. (ad)

Kubu Raya
| Senin, 5 Agustus 2024
SPACE AVAILABLE!!!
PANTENGIN INFOGRAFIS DUNIA TERKINI
LAPORKAN KEJADIAN PENTING DISEKITARMU
BERITA TERUPDATE SETIAP HARI
SPACE AVAILABLE!!!
PANTENGIN INFOGRAFIS DUNIA TERKINI
LAPORKAN KEJADIAN PENTING DISEKITARMU
BERITA TERUPDATE SETIAP HARI
SPACE AVAILABLE!!!
PANTENGIN INFOGRAFIS DUNIA TERKINI
LAPORKAN KEJADIAN PENTING DISEKITARMU
BERITA TERUPDATE SETIAP HARI
SPACE AVAILABLE!!!
PANTENGIN INFOGRAFIS DUNIA TERKINI
LAPORKAN KEJADIAN PENTING DISEKITARMU
BERITA TERUPDATE SETIAP HARI
SPACE AVAILABLE!!!
PANTENGIN INFOGRAFIS DUNIA TERKINI
LAPORKAN KEJADIAN PENTING DISEKITARMU
BERITA TERUPDATE SETIAP HARI
SPACE AVAILABLE!!!
PANTENGIN INFOGRAFIS DUNIA TERKINI
LAPORKAN KEJADIAN PENTING DISEKITARMU
BERITA TERUPDATE SETIAP HARI